Sabtu, 20 Juni 2015

Pembukaan Festival Danau Sentani 2015

Sentani - Setelah pameran dimulai kemarin, hari ini Festival Danau Sentani 2015 resmi dibuka. Acara yang berlangsung dari 19-23 Juni 2015 itu akan diramaikan oleh aksi budaya suku-suku Papua di sekitar Danau Sentani.

Untuk tahun ini, Festival Danau Sentani yang ke delapan mengusung tema 'Budayaku Sejahteraku.' Saat pembukaan, turut hadir Menpar Arief Yahya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia Yohana Yembise, dan sejumlah pejabat daerah. Acara pembukaan diramaikan oleh tari-tarian khas Papua hingga pelepasan satu juta bibit ikan di Danau Sentani secara simbolik.

"Papua ini khususnya di Jayapura nilai kebudayaannya sangat tinggi, kita harus eksplore untuk mensejahterakan rakyatnya," ujar Menpar Arief Yahya saat membuka Festival Danau Sentani, Sabtu (20/6/2015).

Dalam pesta rakyat yang digelar di Danau Sentani, sejumlah suku di sekitar danau pun turut ikut serta dan unjuk kebolehan melalui tarian serta nyanyian. Aksi peserta festival pun makin menarik dengan balutan pakaian tradisional yang dikenakan.

"Budaya itu tidak hanya membahagiakan namun menghidupi, satu katanya itu mensejahterahkan," ujar Menpar Arief.

Usai acara dibuka dengan suara tifa, atraksi laut pun ditampilkan oleh para suku di Danau Sentani. Dalam pakaian tradisional, mereka bergaya dan bernyanyi di atas kapal adat yang sederhana.

Selain aksi budaya, ditampilkan juga sejumlah booth dari suku-suku adat di Papua. Masing-masing booth unjuk kebolehan untuk menampilkan budaya, kekayaan daerah, serta kuliner setempat. Pengunjung dapat bertanya hingga membeli produk asli khas Papua untuk cinderamata.

0 komentar:

Posting Komentar